Rabu, 26 April 2017

Situasi Di Tempat Kerja Dengan Pekerjaan Yang Menumpuk Dan Membosankan


Berbicara soal pengalaman pastinya tiap orang memiliki pengalaman yang unik masing – masing. Mulai dari pengalaman yang menyenangkan sampai pengalaman yang kurang menyenangkan, saya juga memiliki pengalaman yang kurang menyenangkan yaitu mengerjakan suatu pekerjaan yang menumpuk dan membosankan. Tetapi pekerjaan disini bukanlah sebagai karyawan dari suatu perusahaan melainkan pekerjaan yang sesuai dengan status saya sebagai mahasiswa.

Setiap orang pasti pernah mendapatkan tugas/pekerjaan yang sangat banyak dan kita pasti akan merasa sangat malas untuk menyelesaikan tugas tersebut sehingga akan merasa bosan dengan pekerjaan tersebut. Padahal, rasa malaslah yang membuat kita cepat merasa bosan dan tugas/pekerjaan tersebut tidak akan selesai, kalau saja kita melawan rasa malas yang muncul pada diri kita, tugas sebanyak apapun pasti dapat kita selesaikan tanpa merasa bosan. Tidak hanya sekali saya mengalami hal ini dan setiap saya berhadapan dengan tugas/pekerjaan yang menumpuk, rasa malas itu pasti akan muncul. Awalnya saya berfikir bahwa kuliah itu santai tidak seperti masa – masa SMA yang tiap minggunya selalu ada tugas/pekerjaan. Nyatanya yang saya pikirkan itu salah, kuliah lebih banyak pekerjaannya sampai – sampai menganggu waktu tidur saya dan itu membuat saya merasa jenuh dengan perkuliahan. Tetapi semakin sering saya mengalami hal itu, saya jadi tahu bagaimana cara menghadapinya

Berikut adalah kiat – kiat yang saya gunakan untuk mengatasi situasi di tempat kerja dengan pekerjaan yang menumpuk dan membosankan :
      
     1.    Lawan rasa malas & bosan
Rasa malas itu pasti ada disetiap diri masing – masing hanya situasinya yang berbeda. Lalu bagaimana kita bisa melawan rasa bosan tersebut?
  • Hilangkan pikiran yang aneh – aneh
  • Sesekali ngobrol dengan teman
  • Ubah posisi bekerja
  • Melakukan hal yang disukai (misal : mendengarkan music)
  • Menyadari diri bahwa kita hidup memiliki tanggung jawab 

     2.    Cari pekerjaan sesuai dengan hobi
Ketika kita menjalani hobi kita tentunya suasana hati akan senang, maka dari itu carilah pekerjaan yang sesuai dengan hobi kita. Karena, kita akan menjalani pekerjaan tersebut dengan menyenangkan berbeda dengan mendapatkan pekerjaan yang tidak sesuai dengan hobi kita. Tetapi bukan berarti kita harus menolak melakukan pekerjaan diluar hobi kita, meskipun pekerjaan tersebut membosankan, kita tetap akan mendapatkan pengalaman yang dapat kita gunakan di waktu yang akan datang.

     3.    Selesaikan pekerjaan yang mudah terlebih dahulu
Pekerjaan yang menumpuk tentu akan membuat kita merasa bosan dan malas untuk menyelesaikannya. Tetapi jika kita menyelesaikan pekerjaan tersebut satu per satu mulai dari pekerjaan yang mudah, secara tidak sadar itu akan mengurangi dikit demi sedikit rasa bosan dan malas kita.

Itulah kiat – kiat yang saya gunakan setiap saya berhadapan dengan pekerjaan yang menumpuk dan membosankan. Tetapi setiap orang punya caranya masing – masing untuk menghadapi suatu masalah yang sama.

Ingatlah tujuan yang ingin kita capai dan carilah cara untuk mencapai tujuan tersebut sehingga kita tahu pekerjaan yang sedang kita lakukan sekarang ini apakah sesuai dengan tujuan yang ingin kita capai? atau melalui pekerjaan ini apakah tujuan saya akan tercapai? Jangan sampai kita melakukan pekerjaan yang membuat tujuan kita tidak akan tercapai, sama saja dengan kita membuang – buang waktu. Waktu sangat berharga karena tidak akan pernah terulang kembali. Jika kita melakukan suatu kesalahan maka kita tidak dapat memutar kembali waktu untuk memperbaiki kesalahan tersebut, yang dapat kita lakukan adalah jangan sampai melakukan kesalahan yang sama untuk ke-2 kalinya.

Kita boleh merasa bosan pada suatu pekerjaan bahkan terlalu sering menjalani hobi terkadang membuat kita merasa bosan, itulah sifat manusawi. Tapi, jangan sampai rasa bosan tersebut menguasai diri kita karena hanya akan memberikan dampak buruk untuk diri kita. Kalau dulu saya tidak dapat mengalahkan rasa bosan yang ada didalam diri saya, mungkin dari semester 1 saya sudah berhenti kuliah. Tapi saya memiliki tujuan yang ingin saya capai dan dengan melalui pekerjaan inilah saya merasa bahwa tujuan saya bisa tercapai.

Jangan menunda – nunda pekerjaan yang harus dikerjakan karena itu akan membuat kita malas untuk menyelesaikannya. Lebih cepat pekerjaan tersebut selesai kita akan merasa lebih santai untuk mengerjakan pekerjaan yang lain dan kita tidak akan cepat merasa bosan dengan pekerjaan itu.


Dari pengalaman saya bisa diketahui sebanyak apapun pekerjaan yang kita miliki, sesulit apapun pekerjaan tersebut, semalas apapun kita dalam mengerjakannya, semua itu tergantung dari niat kita. Jika kita memiliki niat untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut maka percayalah bahwa pekerjaan itu akan selesai, karena tidak ada pekerjaan yang tidak dapat diselesaikan. Jika ada awal pasti ada akhir, jangan mudah menyerah teruslah berusaha niscaya apa yang kita inginkan akan terwujud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar