Rabu, 07 Juni 2017

Sikap Menghargai Waktu

Seperti yang kita ketahui bahwa semua aktifitas yang ada didunia ini tidak terlepas dari yang namanya waktu. Waktu sangat berharga karena kita tidak akan bisa memutar ulang waktu. Terima atau tidak waktu akan terus berputar, maka dari itu kita harus menghargai waktu agar kita tidak membuang sia – sia waktu yang telah dilewati.
Mengenai pengalaman pribadi tentang Sikap Menghargai Waktu, ada satu pengalaman yang tidak mengenakan bagi saya. pada waktu itu saya masih menjalani kuliah semester 2. Pada hari itu saya harus mengikuti jadwal lab di pagi hari dan saya berangkat dari rumah sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai ke kampus dari pada berangkat dari kosan saya. Tapi malamnya saya terlalu asyik bermain game sehingga waktu yang harusnya saya gunakan untuk beristirahat itu terbuang sia – sia sampai pada akhirnya saya berangkat kuliah tetapi belum tidur sama sekali dan saya mengendarai motor menuju ke kampus. Karena saya belum tidur otomatis saya berkendara dalam keadaan sangat mengantuk sampai – sampai saya tertidur sambil berkendara, alhasil saya kecelakaan dan menabrak salah satu mobil yang ada di depan saya.
Pengemudi mobil itu pun turun dengan keadaan terlihat emosi tetapi karena saya tau ini kesalahan saya, mau tidak mau saya harus bertanggung jawab atas apa yang sudah saya perbuat. Ketika itu STNK motor saya di tahan oleh pengemudi tersebut karena saya harus segera ke kampus dan pengemudi itu harus pergi ke kantornya sehingga kami tidak bisa menyelesaikan masalahnya saat itu juga. Ketika pulang kuliah saya mendatangi rumahnya beserta kedua orang tua saya dan disitu saya menyelesaikan masalah tadi pagi. Dan setelah masalah tersebut selesai saya merasa sangat menyesal, andaikan saya tidak begadang dan menggunakan waktu istirahat yang cukup kejadian ini pasti tidak akan terjadi.
Mulai dari situlah saya mulai menghargai waktu, saya mulai menata waktu sehingga waktu tidak terbuang sia – sia. Karena jika kita pikirkan sebenarnya waktu dalam sehari itu kurang untuk menjalani segala aktifitas yang ingin kita lakukan. Apalagi bagi orang – orang dengan rutinitas yang padat, sangat sulit untuk menemukan waktu luang untuk bersenang – senang. Maka dari itu hargailah waktu, gunakan waktu untuk hal – hal positif sehingga lebih bermanfaat untuk kita bahkan orang lain karena waktu akan terus berputar.


Salah satu sikap menghargai waktu adalah disiplin. Kebiasaan disiplin terhadap waktu akan memberikan manfaat dan perubahan yang besar terhadap lingkungan sekitar dan disiplin adalah salah satu kunci menuju kesuksesan. Bagaimana orang mau sukses jika dia saja tidak disiplin terhadap waktu. Ada istilah “Time Is Money” waktu adalah uang, hal ini menunjukan bahwa waktu itu sangat berharga, karena sangat berharganya sampai – sampai waktu tidak bisa dibeli dengan uang. Oleh karena itu sangat rugi lah orang yang menyia – nyiakan waktu salah satunya adalah budaya yang ada disekitar kita yaitu budaya terlambat.
Budaya ini sangatlah merugikan bukan hanya untuk diri sendiri bahkan bisa merugikan orang lain yang tidak kita kenal. Contohnya jika kita bekerja pada suatu perusahaan jasa dan ada salah satu pengguna jasa kita mengeluhkan pelayanan dari perusahaan kita, dan karena kita sudah terbiasa terlambat dan bermalas – malasan bisa dibayangkan betapa ruginya konsumen tersebut dan itupun akan berdampak buruk bagi perusahaannya. Sudah terlihat jelas bahwa kebiasaan terlambat sangatlah buruk dan tidak memberikan manfaat apapun.
Budaya terlambat ini sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat, saking terbiasanya sampai – sampai tidak peduli terhadap waktu seolah – olah waktu bisa diputar ulang. Budaya terlambat ini lah yang membuat Negara kita susah untuk maju. Bagaimana mau maju kalau masyarakatnya saja sudah terbiasa untuk bermalas – malasan melakukan hal yang kurang penting. Maka dari itu, mulai sekarang kita harus merubah budaya terlambat dengan budaya disiplin. Hargailah waktu, hargailah orang lain disekitar kita karena dengan begitu kita sudah melakukan satu langkah menuju kesuksesan yang nantinya akan bermanfaat untuk diri kita dan orang lain. Mulai dari sekarang hargailah waktu, tidak perlu ditunda – tunda lagi karena tidak ada untungnya jika kita terus terbiasa terlambat, lakukanlah demi kebaikan kita bersama. Berhenti menyia – nyiakan waktu agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain.

Demikian yang dapat saya sampaikan, mudah – mudah pengalaman pribadi yang saya tulis ini dapat memberikan motivasi bagi pembaca untuk lebih menghargai waktu, lebih disiplin terhadap waktu dan merubah budaya terlambat menjadi budaya disiplin yang nantinya budaya tersebut dapat kita turunkan untuk generasi – generasi berikutnya. Kurang lebihnya mohon maaf, Terima Kasih ……

Tidak ada komentar:

Posting Komentar